Jumat, 03 Februari 2017

Minuman Penghangat Tubuh


Musim penghujan sudah mulai tiba dan rasa dingin pun menyelimuti tubuh. Meskipun udara terasa dingin, Akan tetapi kita harus tetap semangat dalam menjalankan aktivitas, Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang bisa kita gunakan agar badan tetap hangat dan sehat, Yaitu dengan mengkonsumsi minuman penghangat tubuh yang terbuat dari bahan alami.

Pernah coba minuman yang terbuat dari rempah alami? Selain menghangatkan tubuh, Minuman tradisional ini juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan serta menjaga stamina. Umumnya rempah ini memang digunakan untuk bahan bumbu masakan,

Kebanyakan minuman herbal bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan cocok diminum di kala musim hujan. Misalnya jahe hangat, bandrek dan sebagainya. Tapi beberapa minuman ini bukan hanya bisa membuat nyaman tenggorokan dan menghangatkan tubuh melainkan juga baik untuk kesehatan jantung.

Minuman Penghangat Tubuh

1. Jahe


Minuman jahe panas bukan hanya terkenal di Indonesia. Di negara barat, Minuman ini juga menjadi favorit di musim dingin. Cara membuatnya sangatlah mudah, iris jahe segar dan rebus dalam air panas selama sekitar 5 menit, setelah itu saring jahe dan tambahkan gula merah atau madu. Jahe merupakan bahan alami yang menyehatkan jantung dan bisa menenangkan perut.

2. Kayu Manis


Aromanya yang khas dan harum memberi ketenangan tersendiri saat diminum. Rempah ini tidak hanya untuk mempermanis minuman seperti campuran kopi, teh, dan lainnya, Tapi kayu manis juga bisa dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh dan menurunkan berat badan. Kayu manis juga berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dan kolesterol.

3. Serai


Rempah yang lebih sering digunakan untuk bumbu masak ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. Di dalamnya terkandung geraniol dan sitronelol. Gunakan batangnya yang berwarna putih, memarkan dan rebus sampai mendidih. Tambahkan gula merah atau madu, dan minum dalam keadaan hangat. Serai bermanfaat untuk obat batuk, masuk angin, demam dan untuk minuman penghangat badan.

4. Kuning Telur


Minuman manis dari kuning telur yang dikocok ditambah air dan gula atau susu hangat juga dapat menjadi minuman yang tepat di musim hujan seperti sekarang. Kombinasikan susu bebas lemak bersama dengan sedikit gula dan beberapa telur pasteurisasi dan biarkan mendidih selama sekitar 10 menit dan tambahkan ekstrak vanili pada akhir proses memasak. Sajikan dalam cangkir dan taburi dengan bubuk pala. Selain hangat, minuman ini juga baik untuk jantung.

5. Coklat Panas


Campurkan coklat, susu dan gula, kemudian rebus sampai coklat larut.Angkat dan saring, tuang pada cangkir, Jika anda suka bisa ditambahkan rhum. Selain dapat menghangatkan tubuh, Minuman coklat panas ini pun berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.

Semua minuman diatas sangatlah enak rasanya jika disajikan dengan tepat. Minuman penghangat tubuh dari bahan alami ini juga sangat cocok bagi anda yang sangat gemar mendaki gunung. semoga artikel ini bermanfaat.

Popular Posts